8 Cara Mengobati Luka Ayam Bangkok

Agen Sabung Ayam Online - Mempunyai ayam bangkok bisa menjadi alasan untuk aktivitas di waktu luang.

8 Cara Mengobati Luka Ayam Bangkok

Agen Sabung Ayam Online - Mempunyai ayam bangkok bisa menjadi alasan untuk aktivitas di waktu luang. Kegiatan seperti ini sudah banyak yang melakukannya. Akan tetapi memelihara atau beternak hewan tidak sekedar merawat, memberi makan dan minum saja.

Salah satu yang terpenting lainnya adalah memberikan perhatian, sehingga bisa memantau kesehatan ayam bangkok kamu. Pada dasarnya memang tak banyak yang tahu bagaimana cara merawat hewan yang sakit dengan benar.

Apalagi jika hewan tersebut masuk dalam kategori unggas, misalnya ayam bangkok. Ayam bangkok sendiri merupakan ayam aduan yang memiliki pukulan cukup keras di bandingkan ayam kampung. Kerasnya pukulan ayam bangkok bisa membuat musuhnya menjadi keok. Dalam suatu laga, tak sedikit ayam bangkok yang mengalami memar atau luka karena terkena pukulan dari lawannya.

Lantas apa harus kamu lakukan jika ayam bangkok kesayangan kamu mengalami luka memar yang cukup parah di badannya ? Banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mengobati Luka Memar pada Ayam Bangkok. Disarankan kamu jangan panik mengatasi luka memar tersebut. Seperti diketahui, setelah laga selesai, biasanya pemilik ayam bangkok akan melakukan perawatan khusus untuk mengembalikan stamina ayam atau pun mengobati memar di tubuh si ayam.

Ternyata untuk teknik pengobatan Luka Memar pada Ayam Bangkok juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada pun beberapa teknik dan obat tertentu, mulai dari obat kimia maupun obat tradisional. Semuanya juga memiliki fungsi yang sama yakni untuk menyembuhkan luka memar pada ayam bangkok.

1. Menggunakan Obat Kimia

Ada beberapa obat kimia yang sering digunakan beberapa orang untuk menyembuhkan luka memar pada ayam bangkok. Obat Kimia adalah obat yang dibuat atau diproduksi langsung dari pabrik.

Obat-obat tersebut adalah :

  • Minyak tawon
  • Arak gosok (yang ada di toko obat cina)
  • Betadine

2.  Mengetahui Kriteria Luka Memar

Kemudian untuk cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengobati luka memar yang terjadi pada Ayam Bangkok adalah mengetahui terlebih dahulu jenis luka memar yang terdapat pada tubuh Ayam.

Tugas kamu yakni memahami kondisi memar pada ayam terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan selanjutnya. Kriterianya pun bisa sampai bocor berdarah-darah dan ada juga yang mengalami luka memar biasa.

3. Membersihkan Luka

Jika kamu sudah mengerti akan memar yang sedang di alami sang ayam bangkok, bukan berarti harus membiarkan begitu saja.

kamu harus bisa membersihkan lukanya terlebih dahulu sebelum di oles dengan obat kimia atau tradisional. Apalagi jika luka berada di kepala ayam bangkok.

Cara membersihkannya juga tak sembarangan, yakni menggunakan air hangat yang dicampuri garam.

4. Membersihkan Luka

Jika kamu sudah mengerti akan memar yang sedang di alami sang ayam bangkok, bukan berarti harus membiarkan begitu saja.

kamu harus bisa membersihkan lukanya terlebih dahulu sebelum di oles dengan obat kimia atau tradisional. Apalagi jika luka berada di kepala ayam bangkok.

Cara membersihkannya juga tak sembarangan, yakni menggunakan air hangat yang dicampuri garam.

5. Kompres Bawang Putih yang Dihaluskan

Jika luka yang dialami ayam bangkok setelah bertarung tidak terlalu parah, kamu dapat mengobati luka yang terdapat pada tubuh Ayam hanya dengan mengompres bagian yang memar dengan bawang putih yang sudah dihaluskan.

Walaupun sederhana namun cara tradisional satu ini bisa dibilang cukup ampuh dan paling berkhasiat.

6. Gunakan Getah Pisang

Jika menggunakan obat tradisional (yang mudah dicari disekitar), caranya juga sangat mudah.

Yang pertama bersihkan luka memar pada ayam bangkok kemudian tetesi bagian yang terluka dengan getah pisang atau kelor.

Mungkin ini akan terasa cukup sakit oleh sang Ayam, namun kamu harus bisa menahannya dengan erat supaya tidak kabur ketika proses pengobatan.

7. Telaten Memberi Perawatan

Selain beberapa cara diatas, untuk cara berikut ini yang paling penting. Memberikan perawatan dan ketelatenan adalah kunci dalam merawat luka memar pada ayam bangkok.

Dalam merawatnya, kamu harus benar-benar menjaga agar seluruh luka bersih dan tidak terjadi infeksi.

8. Seka dengan Air Hangat

Tambahan cara lain yakni dengan mengompres menggunakan air hangat.

Caranya tidak dengan memasukkan ayam di dalam ember yang berisi air hangat, akan tetapi memanfaatkan kain dan di celupkan ke dalam air hangat untuk lalu di oleskan pada bagian tubuh ayam bangkok yang memar.

Berani beternak maka kamu juga harus siap dengan resiko atau tanggung jawab yang seharusnya, yakni memberikan perawatan terbaik. Apalagi beternak ayam bangkok yang memberikan keuntungan cukup banyak untuk kamu para pecinta sabung ayam, kamu harus benar-benar bisa merawat dengan baik. Keadaan memar pada ayam bangkok tersebut bisa hilang jika kamu telah melakukan cara atau langkah di atas dengan benar.

Bisa di bilang sulit dan bisa juga di katakan mudah, namun inilah cara yang tepat agar tidak terjadi kondisi makin parah pada ayam kamu dan bisa menyebabkan mati. Itu tadi 8 cara mengobati Luka Memar pada Ayam Bangkok yang dapat kamu terapkan pada Ayam kesayangan ketika mengalami memar di bagian tubuhnya, entah karena usai bertarung maupun kejadian lainnya.

Kunci utamanya hanya telaten dan terus merawat ayam bangkok kesayangan kamu. Selamat mencoba.


Share Tweet Send
0 Komentar
Memuat...