8 Jenis Ayam Petarung Aduan Paling Gaco

Waktu dengar ayam petarung kita tentu langsung ingat sabung ayam S128 SV388, walau bagaimanapun ayam petarung juga bisa cuma untuk di buat jadi koleksi.

8 Jenis Ayam Petarung Aduan Paling Gaco

Waktu dengar ayam petarung kita tentu langsung ingat sabung ayam, walau bagaimanapun ayam petarung juga bisa cuma untuk di buat jadi koleksi atau di ternakkan.

Budaya untuk metarungkan ayam adalah budaya leluhur di indonesia, banyak nenek moyang kita telah lakukan adat itu dari jaman dulu.

Mempunyai ayam petarung yang gaco dapat jadi kenikmatan tertentu lebih bila Anda pelihara ayam itu berbahan serta Anda latih sampai jadi ayam yang mengagumkan kuat.

Sekarang ayam petarung yang paling terkenal ialah Ayam Bangkok, tetapi kenyataannya banyak tipe lain dari ayam petarung yang tidak kalah terkenal.

Kekhasan dan potensi mereka juga tidak kalah dari Ayam Bangkok. Sejumlah besar datang dari negeri Asia seperti Thailand, Birma, Brazil, Vietnam Jepang.

Artikel ini akan mengulas beberapa macam salah satunya yang terkenal dilapisan beberapa pemain ayam petarung ini.

Jenis ayam aduan dan ayam petarung


Ayam Bangkok

Ayam Bangkok
Ayam Bangkok

Menduduki tempat pertama dari beberapa jenis ayam petarung lain yaitu ayam Bangkok yang datang dari Thailand. Pertama dikenalkan oleh kebanyakan pemain sabung ayam di tuban, jawa timur.

Yap, ayam ini paling familiar di telinga penduduk Indonesia terutama di kelompok pencinta ayam petarung.

Ayam bangkok tak seperti ayam lain, penebaran ayam ini cepat, di Indonesia begitu ringan menemukannya ayam bangkok.

Diluar itu harga ayam bangkok tidak begitu tinggi seperti model ayam petarung yang lain terkecuali buat ayam bangkok jagoan atau udah punya prestasi, harga ayam bangkok jagoan tambah tinggi dari kebanyakan.

Ayam Bangkok dikenal jadi petarung sejati, tidak sekedar cepat serta kuat di atas ajang tarung, ayam bangkok pun dianggap ayam yang paling jalan otaknya atau paling cerdik kala di ajang perlawanan dalam soal cari trik ampuh buat meruntuhkan musuh.

Sampai banyak yang menentukan buat pelihara ayam model ini.

Perihal ini diperoleh terkait dari garis keturunan, trik menjaga ayam, serta trik melatih ayam yang dilaksanakan peternak / pemilik.

Sebab itu, model ayam ini dapat punya type berlaga yang unik, cepat, keras, serta mematikan.

Ayam Bangkok banyak dikawin silangkan dengan betina ayam lokal. Sampai biasanya ayam Bangkok yang tersebar di penduduk yaitu keturunan ayam Bangkok yang penampilannya hampir serupa dengan ayam Bangkok asli.

Berdasar pada corak serta warna bulunya ada 7 ragam, ialah : Wiring, Wangkas, Klawu, Blorok, Jragem, Jali, Putih.

Ciri Umum Ayam Bangkok Yaitu : Ukuran badan besar serta tampak tegap berdiri hampir lebih kurang 90 derajat serta sisi dada tampak gagah.

Warna bulu beraneka seperti yang udah diterangkan di atas. Mata tampak cerah, Leher panjang, Jengger bersifat ros serta Pial pendek serta berwarna merah.

Paruh panjang serta tebal berwarna kuning. Kaki tampak bundar, kering, serta sisik rapi berwarna kuning. Berat dewasa pejantan 2, 5 sampai 4 Kg.

Ayam Brazilian

Ayam Brazilian
Ayam Brazilian

Sesuai dengan namanya, ayam ini datang dari negara Brazil, popularitasnya cukup tinggi. Ayam ini sebetulnya adalah keturunan dari ayam shamo yang aslinya dari jepang, selanjutnya dengan seiringnya waktu ayam ini lantas dikembangbiakkan didaerah kepulauan amerika selatan.

Ayam ini mempunyai warna bulu yang ciri khas yakni cokelat kekuning-kuningan. Dari sisi postur ciri ayam ini hampir serupa dengan ayam pelung yang memiliki badan tinggi besar.

Tipe ayam Brazilian populer dengan style bertanding yang gesit serta pintar. Penggemar ayam petarung di Indonesia ikhlas merogoh kocek mahal-mahal untuk mempunyai Ayam Brazil.

Tidak cuma ahli menari di atas ajang tarung, tetapi jago menghempaskan musuh dengan kecepatan pukulannya yang tidak tersangka.

Kurang komplet rasa-rasanya bila tidak mempunyai ayam pejantan dari Brazil ini jadi salah satunya koleksi bernilai.

Ayam Burma

Ayam Burma
Ayam Burma

Ayam Burma atau ayam Birma ialah tipe ayam petarung yang datang dari Myanmar. Juga dikenal jadi ayam petarung sejati yang tidak mengenal rasa takut.

Waktu bertanding, Ayam Burma meiliki semangat yang mengagumkan untuk memenangi pertempuran.

Style bertanding demikian ofensif serta Full Attack, menyerang serta menyerang langsung mengarah musuh.

Model tarung Full Attack yang di milikinya diringi dengan ketepatan pukulan tinggi yang membuat ayam ini jadi ayam yang Full Speed.

Tetapi, bentuk serta ukuran ayam Burma kecil 2 -2,5 kg, tulangnya kecil serta tipis.

Mata bundar melotot, paruh lebih kecil, muka serta tubuh kurang kekar. Warna bulu biasanya warna tanggung kurang masak.

Tubuh makin banyak bulu, bulu sayap tebal serta panjang. Ayam Burma 100 % asli masih ada sinyal putih di kuping, jadi bukti ayam itu tipe ayam liar.

Ciri-ciri ayam Burma yang kuat, sering memberikan inspirasi pada beberapa fans ayam petarung untuk mengawinkan ayam Burma dengan ayam Bangkok. Maksudnya agar dibuat keturunan ayam yang lebih kuat.

Ayam Shamo

Ayam Shamo
Ayam Shamo

Ayam Shamo datang dari negara Jepang, juga dikenal dengan panggilan “Ninja Mini dari Jepang“. Disebutkan demikian sebab ayam shamo diketahui dengan ayam yang bergerak cepat dan memiliki pukulan yang mengagumkan tepat tentang rivalnya serta mematikan.

Walau di juluki Ninja Mini tetapi jangan tertipu, di banding ayam petarung yang lain, bentuk fisik ayam Shamo paling atletis, postur badan tinggi tegap dapat menegakkan tubuh sampai 95 derajat waktu berdiri.

Seringkali ayam ini dapat mempunyai berat 4 -7 kg, membuatnya ayam petarung dengan postur paling berat serta cuma dapat di tandingi dengan ayam yang memiliki ukuran sama.

Ciri fisik: mempunyai jengger iris tiga (walnutcomb), mata cerah, paruh besar serta kuat. Ujung sayap cukup sedikit keluar dari badan, sendi sayap jelas ke arah atas, paha kuat berotot serta kelihatan jelas.

Pundak yang mencolok dengan sayap yang kuat pendek ke arah bawah. Kulit merah pada dada yang tidak mempunyai banyak bulu dan mempunyai dada bagian.

Garis ekor horizontal, searah punggung atau antara garis punggung.

Warna bulu betis kuning atau kuning dengan bercak hitam untuk ayam dengan supremasi warna hitam. Berat ayam jantan sekitar 5,6 kg serta betina sekitar 4,8 kg.

Ayam Saigon

Ayam Saigon
Ayam Saigon

Ayam saigon datang dari Negara Vietnam. Kemampuan pukulannya melewati beberapa ayam petarung yang lain.

Ayam ini terkuat serta tertangguh dibandingkan dengan ayam petarung lainnya sebab paling tahan pukulan di karenakan ototnya yang memiliki serat.

Namun skema tarung ayam ini berkesan lambat serta kurang bagus, tidak pintar cari kesempatan dalam laga. Hingga tidak terkenal serta yang berminat tidak banyak.

Ciri fisik yang dapat dikenal dari ayam Saigon ialah botaknya. Ya, dibagian leher serta kepala ayam Saigon memang tidak ditumbuhi bulu seperti umumnya ayam yang lain.

Ayam saigon ada pula yang tidak botak hampir seperti ayam bangkok yang memiliki ukuran besar. Mempunyai kulit yang lebih tebal serta berat lebih berat dari Bangkok.

Susunan badan serta tulang yang semakin besar dari ayam Bangkok. Bulu-bulunya mudah pecah, tidak bercahaya serta tidak cantik.

Karenanya bulunya mudah patah bila terserang pukulan musuh.

Ayam Bali

Ayam Bali
Ayam Bali

Ayam Bali juga dikenal dengan panggilan ayam Olagan. Ayam ini datang dari pulau Bali. Pejantannya bisa dijaga buat jadikan jadi ayam petarung.

Sedang ayam betina mempunyai potensi jadikan jadi penghasil telur dengan produksi telur yang tinggi.

Menurut info, pejantan ayam Bali ini kurang kuat dalam aduan, biasanya bila sudah terpukul oleh musuh seringkali sekali menghindar seperti akan kabur.

Tetapi pukulannya tidak kalah dengan ayam aduan seperti ayam Bangkok serta ayam Birma.

Keunggulan dari ayam Bali / Olagan ialah lebih tahan pada penyakit daripada ayam kampung.

Sekarang populasi ayam Bali diberitakan terus alami penurunan ini dikarenakan masyarakat Bali tidak memakainya untuk digunakan dalam upacara persembahan, hingga jarang-jarang dipelihara.

Diinginkan dinas berkaitan di Bali bisa memerhatikan kehadiran ayam Bali serta lakukan usaha pelestarian, janganlah sampai ayam ini yang disebut ayam aduan asli Indonesia alami kepunahan seperti dalam ayam ciparage yang sudah punah.

Ciri Umum Ayam Bali / Olagan ialah: Badan kelihatan lebih kecil dari ayam Bangkok serta condong sama juga dengan ayam kampong.

Warna bulu terbagi dalam coklat, hitam yang bersatu dengan warna putih, merah serta kuning. Jengger kecil berwarna merah.

Leher kelihatan pendek serta bulu tidak tumbuh prima. Paruh pendek serta berwarna kuning serta kuning.

Kaki berasa halus serta berwarna kuning kadang berwarna putih. Membuahkan telur seputar 18 – 20 butir per periode. Berat dewasa jantan 2- 2.5 Kg, sedang betina dewasa 1.8 – 2 Kg.

Ayam Ciparage

Ayam Ciparage
Ayam Ciparage

Ayam Ciparage ialah ayam petarung asli indonesia yang persisnya datang dari desa cimalaya, ciparage karawang, konon ayam ini keturunan ayam dari Adipati Singaperbangsa yang biasa di bikin ayam petarung pada zaman kerajaan era ke-17.

Tetapi ayam ini sangat susah untuk di dapatkan atau hampir punah, mengakibatkan ayam petarung yang bertumbuh di Indonesia diganti dengan ayam Bangkok asal Thailand.

Warna asli tipe ayam ini hampir sama dengan ayam Bangkok terbagi dalam kuning (keemasan), hitam, coklat, putih.

Dulu tipe ini populer jadi ayam yang kuat di ajang aduan. Postur badan yang tinggi, ramping dengan kaki kuat serta taji muncul runcing, sanggung menjatuhkan musuh dalam tempo relatif cepat.

Ciriayam Ciparage: Ukuran badan lebih kecil dari ayam Bangkok berat sekitar 2,5 kg. Jengger tunggal, bilah, memiliki ukuran kecil, bergerigi kecil-kecil berwarna merah pucat.

Pial sepasang serta cuping teling memiliki ukuran kecil dengan warna merah pucat juga. Kepala berupa bundar. Mata sedikit menjorok ke, tajam berkobar-kobar.

Paruh pendek, kuat, warnanya kuning pucat. Dada bagian dengan bulu tubuh pendek-pendek serta keras.

Tulang sayap kuat, melekat ketat pada tubuh. Bulu ekor inti panjang melengkung. Kaki sedikit lengkung, berwarna putih kekuning-kuningan.

Telapak kaki berwarna kuning pucat. Taji besar panjang, melengkung, tajam berwarna putih kekuning-kuningan. Sifatnya benar-benar agresif. Membuahkan telur 10-14 butir per periode.

Ayam Asil / Aseel

Ayam Asil / Aseel
Ayam Asil / Aseel

Asil berasal dari bahasa Arab yang berarti murni atau ras dan juga dieja Aseel. Ini adalah jenis ayam petarung yang sangat tua dari daerah INDIA / PAKISTAN dan telah dibesarkan di sana sebagai ayam petarung selama berabad-abad, khususnya dikarnakan oleh sifatnya yg sangat agresif terhadap ayam lain.

Tipe aseel sudah bertumbuh serta di budidayakan kira-kira sepanjang 3.500 tahun. Aseel di mengaku jadi ayam aduan paling tua yang di ternakan oleh manusia, diketemukan di salah satunya naskah paling tua India yang namanya ” Dharmastrastra Manu “.

Kitab classic yang menerangkan mengenai hokum, keteraturan serta norma yang tertera berumur 1.500 Sebelum Masehi.

Pengakuan pertama mengenai mereka yang tertera ialah Bertumbuh biak serta dipopulerkan oleh penguasa India ( kaisar Mughal & beberapa Nawabs negara di India ) .

Mereka dikenal juga untuk bertanding defensif serta taktis pintar mereka untuk pertempuran periode panjang di India serta Pakistan. Tipe aseel sendiri mempunya banyak macam serta tipe.

a. Madras aseel

Madras terdiri dari dua varietas, satu tinggi sedang, tapi lebih berat serta lainnya besar sekali serta berotot.

Mereka dapat tumbuh sampai 80 cm serta warna penting hitam, merah, abu-abu, biru serta hijau. Sisi yang menarik dari tipe ini ialah ekor panjang (kattu Seval), ekor dapat sampai sampai 60cm.

b. Jawa Aseel

Jawa aseel salah satu tipe ayam petarung yang terbanyak dipakai serta paling baik di Pakistan / India. Ini khususnya diketemukan di daerah Punjab, datang dari distrik Mianwali, Jawa aseel diketahui dengan warna hitam serta putih

c. Sindhi Aseel

Ini salah satu tipe asil yang paling tinggi serta paling besar yang ditingkatkan. Warna penting merah serta biru. Mereka sejumlah besar di tarungkan di daerah Sindh Pakistan. Aseel ini mempunyai ketahanan badan yang baik.

d. Amroha Aseel

Ini ialah tipe Aseel paling langka di Pakistan serta India. Amat sedikit dari ayam jantan ini ada berbentuk murni. Tipe amroha di mengaku jadi tipe paling baik untuk petarungan jalu, tipe ini adalah tipe dambaan buat beberapa peternak di Pakistan serta india.

e. Mianwali Aseel

Tipe ini khususnya diketemukan di distrik Mianwali Pakistan. Ciri: paruh kecil melengkung, sendi yang kuat, mata berwarna mutiara / putih / kuning, mata gagak, jengger kecil serta tidak mempunyai susunan badan yang berat.

Kelihatan lebih kecil dibanding keturunan yang lain tapi jalunya benar-benar baik.

Yap, mudah-mudahan info ini dapat berguna serta jadi rujukan untuk kamu yang ingin ikut-ikutan memelihara ayam petarung juga.

Dapat diawali dari yang harga yang gampang dan murah dipelihara ya kawan.

Jika sejauh ini kamu hanya memelihara ayam kampung biasa dengan ukuran normal serta saat ini ingin coba yang unik, kamu dapat pilih satu dari tipe ayam kampung di atas yang bodinya tambah lebih gede, atau kamu bagi yang hobi sabung ayam kamu bisa mengunjungi situs resmi sabung ayam Vazbet http://vazbet.in/ hubungi via livechat atau whatsapp dan langsung daftarkan akun kalian dan mainkan pertarungan sabung ayam setiap harinya, banyak bonus menanti.


Share Tweet Send
0 Komentar
Memuat...