Cara Mengatasi Gurem Kutu Ayam Bangkok

Agen Sabung Ayam Online - Sebagai seorang peternak atau pembudidaya ayam yang lama. kamu tentunya sudah tidak asing

Cara Mengatasi Gurem Kutu Ayam Bangkok

Agen Sabung Ayam Online - Sebagai seorang peternak atau pembudidaya ayam yang lama. kamu tentunya sudah tidak asing lagi bila mendengar kata gurem atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan kremi bukan ?

Gurem atau yang lebih terkenal dengan sebutan kutu ayam merupakan makhluk kecil pengganggu yang hinggap di badan ayam atau jenis hewan unggas lainnya. Kutu-kutu tersebut akan menghisap darah dan sari gizi yang ada pada tubuh ayam atau hewan unggas kamu. live taji ayam

Guram atau kutu ayam sering menghinggapi tubuh indukan ayam kebanyakan. Rata-rata itu terjadi ketika ayam mengerami telur. Tentunya hal itu bisa merugikan kita bukan ? Berdampak pada sistem produkfitas ayam ketika bertelur akan terganggu. Tidak hanya itu, bila Gurem ini dibiarkan terus, berat badan ayam atau jenis hewan unggas lainnya tentunya akan menyusut.

Gejala Ayam Terserang Gurem

Sebagai pemilik ayam kita wajiblah mengetahui gejala dan penyebab ayam terserang gurem atau ayam kutu ini. Untuk kamu para senior yang telah lama terjun di bidang pertenakan hewan unggas, tentunya sudah mengetahui hal ini bukan ?

Bagi kamu yang baru terjun dan belum mengatahui gejala dan penyebab ayam terserang gurem atau ayam kutu ini. Tenang, tim pemainayam akan mengulasnya untuk kamu. Silahkan simak sampai habis ya..

Gejala yang muncul ketika ayam atau hewan unggas terserang gurem antaralain adalah ayam atau unggas peliharaan akan semakin kurus secara perlahan dan terlihat lemas. Hal ini dikarenakan darah pada tubuh ayam di hisap oleh gurem atau kutu-kutu, akan kekurangan darah dan borok pada tubuh hewan peliharaan kita. taji bali S128

Penyebab Ayam Terserang Gurem

Gurem atau kutu yang menyerang ayam peliharaan ini memanglah tidak terlihat secara kasat mata. Namun, bila kita jeli mengeceknya secara perlahan akan tampak jelas kutu atau gurem ini menempel di tubuh ayam.

Biasanya penyebab ayam terserang gurem atau kutu ini diakibatkan oleh beberapa faktor. Salah satu penyebab paling utama adalah tidak menjaga kebersihan, kandang yang kotor sisa pakan dan kotoran ayam serta kondisi yang lembab.

Hal tersebut dapat menjadi kesempatan bagi gurem atau kutu menghinggap di tubuh ayam. Serangga kecil ini menyukai tempat yang lembab, maka wajib bagi kamu menjaga kebersihan ayam. live tajen S128

Cara Mengatasi Gurem Atau Kutu Ayam

Bila ayam peliharaan kamu telah pasti terserang Gurem atau kutu ayam ini. Maka kamu wajiblah mengatasi gurem tersebut dengan cepat, Jangan sampai menyebar terlalu luas. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membasmi gurem.

1. Menggunakan Tembakau

Tembakau bisa menjadi obat gurem pada ayam ataupun unggas lainnya. Cara penggunaannya juga sangat mudah sekali, kamu hanya perlu merebusnya di air mendidih beberapa menit. Lalu, kamu saring air rebusan tembakau tersebut dan masukkan kebotol penyemprot.

Semprotlah di sekujur tubuh ayam atau di sekililing lingkungan kamu yang dimana gurem atau ayam kutu tersebut berkumpul. Jangan lupa pakai sarung tangan agar tidak menyebar ke tubuh kamu, Serta jangan lupa pakai masket agar nikotin tidak terhirup langsung oleh kamu. agen S128 Terpercaya

2. Campuran Jeruk Nipis Dengan Cuka

Cara menghilangkan gurem pada ayam yang lainnya juga bisa kamu lakukan dengan menyemprotkan perasan air jeruk nipis yang telah di campur dengan cuka ke tubuh ayam. Peras Jeruk nipis sekitar 50 ml lalu campurkan dengan 1 sendok teh cuka.

Semprot di seluruh kandang ayam dan tubuh ayam, biarkan selama 1 hari. Bersihkan seluruh kandang dan mandiin ayam kamu kembali sampai bersih. Bila masih Gurem belum hilang semua, semprot lagi dan biarkan 1 harian, Lalukan rutin sampai benar-benar hilang semua.

3. Kapur Barus

Cara basmi gurem selain menggunakan kedua langkah diatas adalah dengan menggunakan Kapur Barus. Khasiatnya bagus dan sangat efektif sekali menghilangkan Gurem atau kutu-kutu yang ada pada tubuh ayam.

Cara memakai kapur barus untuk membasmi gurem ini bisa dengan 2 metode, yaitu metode pertama dengan cara haluskan kapur barusnya dengan cara di hancurkan dari batangan sampai halus. Lalu taburkan di kandang dan bedaki tubuh ayam secara merata.

Metode kedua adalah dengan cara mencampurkan dengan air hangat, biarkan meleleh sampai tak berbentuk. Lalu, aduk atau mengocoknya sampai rata pada botol semprotan. Lalu, semprotkan semua arena kandang ayam dan tubuh ayam secara merata.

Mencegah Ayam Terserang Gurem

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, itulah kalimat pepatah yang cocok untuk pembahasan ini. Benar bukan ? Dari pada mengobati lebih baik kita mencegahnya terlebih dahulu. Inilah beberapa tips yang perlu kamu ketahui dalam Mencegah Gurem atau Ayam Kutu.

1. Membuat kandang khusus yang berlantai seperti berbentuk box panggung untuk ayam mengeram. Guna mencegah ayam terserang Gurem.

2. Posisikan kandang ayam agar selalu mendapatkan sinar matahari, karena hal tersebut mampu mencegah gurem menyerang tubuh ayam dan memberikan manfaat yang baik dalam proses pengeraman telur.

2. Rutinlah Mengoleskan Kapur barus (ajaib) di sekeliling kandang ayam agar mencegah gurem menghinggap kedalam kandang ayam yang akan mengganggu kesehatan dan produkfitas induk ayam yang tengah mengeram.

3. Jagalah kebersihan kandang ayam, rutinlah membersihkan minimal satu kali setiap minggunya. agen resmi sabung S128

Dalam memelihara ayam, ada pentingnya kamu mengetahui penyakit gurem kutu ayam ini. Demikian artikel ini dibuat, semoga ulasan mengenai Gurem kutu ayam di atas dapat memberikan manfaat pada sahabat botoh dan para pecinta sabung ayam.


Share Tweet Send
0 Komentar
Memuat...